SELF EFFICACY REMAJA PANTI ASUHAN DAN PENINGKATANNYA MELALUI PENDEKATAN BIMBINGAN KELOMPOK
Dra. Nurul Atieka, M.Pd dan tri Anjar (2015) Self Efficacy Remaja Panti Asuhan Dan Peningkatannya Melalui Pendekatan Bimbingan Kelompok, LPPM UM Metro
![]() |
TEXT fulteks.pdf Download |
ABSTRAK
Salah satu aspek yang mempengaruhi kemandirian dan
kepercayaan diri remaja panti asuhan untuk dapat hidup dalam
lingkungan yang lebih luas, dan siap menghadapi permasalahan dalam
perjuangan hidup dimasa depan adalah efikasi diri (self efficacy).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran serta
meningkatkan efikasi diri remaja panti asuhan dengan memberikan
bimbingan kelompok. Hipotesis penelitian adalah “Self efficacy remaja
panti asuhan meningkat setelah diberikan bimbingan kelompok”
Pendekatan penelitian yaitu penelitian eksperiment. Populasi penelitian
yaitu remaja panti asuhan usia sekolah menengah atas dengan jumlah
120 . Sampel penelitian berjumlah 51 remaja panti asuhan untuk
kelompok kontrol, dan 14 remaja panti asuhan untuk kelompok
eksperimenPenentuan sampel dengan menggunakan teknik proportional
Random sampling. Instrumen penelitian menggunakan skala efikasi diri,
dan teknik analisis data dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa tingkat efikasi diri remaja panti asuhan kelompok eksperimen
berada pada kategori rendah ( skor rata-rata 122,50 ), dan untuk
kelompok kontrol berada pada kategori sedang (skor rata-rata 129,96 ).
Setelah diketahui gambaran efikasi diri maka dilakukan treatment
berupa layanan bimbingan kelompok. Hasil dari treatment,
menunjukkan bahwa untuk kelompok eksperimen didapatkan
peningkatan efikasi diri, hal itu terlihat dari peningkatan skor rata-rata,
yaitu 122,50 (pretest) dan meningkat 134,5 (posttest). Dari perhitungan
diketahui bahwa thit 2,897 lebih besar dari ttab (2.000),dan nilai
signifikansi 0,005< 0>
layanan bimbingan kelompok berpengaruh secara signifikan terhadap
peningkatan efikasi diri remaja panti asuhan. Kesimpulan penelitian
yaitu pemberian layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan
efikasi diri remaja panti asuhan. Saran yang diberikan yaitu a) pengurus
panti hendaknya memperbanyak kegiatan kegiatan yang berhubungan
dengan lingkungan, seperti outbonb atau kemah, sehingga remaja panti
akan dapat mengenal lingkungan secara luas, b) bagi pemerintah kota
Metro, perlu peningkatan perhatian yang lebih terhadap aksebilitas
pendidikan dan kesehatan terhadap panti panti asuhan, dan secara aktif
mengajak lembaga-lembaga pendidikan untuk berkontribusi terhadap
pemenuhan pendidikan dan pelatihan remaja-remaja panti asuhan.
REFERENSI
Ali, Mohammad. 2001. Psikologi Remaja. Perkembangan Peserta Didik.Jakarta:
Bumi Aksara
Bandura, A. (1994). Self-Efficacy. Stanford University
Baron. R.A. dan Byrne. D. 2002. Psikologi Sosial Edisi Kesepuluh Jilid 1
(terjemahan). Jakarta:Erlangga.
Bono, J. E dan Judge, T.A. 2003. Core Self-Evaluations: A Review of The Trait
and Its Rate in Job Satisfaction and Job Performance. USA: Wiley
Interscience
Montgomery, Douglas C. 2001. Design And Analysis Of Experiment. 4th Edition.
Arizona State University: Joh Wiley & Sons
Gall, M.D. 2010. Applying Educational Research. 6th Edition. Boston: Pearson
Ghufron, N. M dan Rini, R. S. 2010. Teori-teori Psikologi. Yogjakarta: ARRUZZ
Media
Geldard, Kathryn. 2012. Konseling Remaja. Intervensi Praktis Remaja Berisiko.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hartinah,Siti (2009:6) Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling. Bandung: Refika
Aditama
Pajares,Frank. 2000. Against the Odds: Self-Efficacy Beliefs of Women in
Mathematical, Scientific, and Technological Careers. American
Educational Research Journal.Vol 37.hal 1-2.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81A Tahun 2013.Tentang
Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kemendikbud.
Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang:
Program PPK Jurusan BK UNP
Type | : | Other |
Depositing User | : | Admin Universitas |
Date Deposited | : | 06 November 2018 |
Last Modified | : | 06 November 2018 |
URI | : | https://repository.ummetro.ac.id/page/halaman/147 |