ANALISIS PEMBELAJARAN SAINTIFIK DAN RANAH PSIKOMOTORIK MELALUI MODUL PRAKTIKUM MAKRO ALGA

Triana Asih, M. Khayuridlo, Rasuane Noor (2018) Analisis Pembelajaran Saintifik Dan Ranah Psikomotorik Melalui Modul Praktikum Makro Alga, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA UNILA


TEXT
fulteks.pdf
Download

ABSTRAK

Capaian pembelajaran pada kurikulum  KKNI Perguruan Tinggi saat ini salah

satunya adalah keterampilan umum, untuk membekali mahasiswa pengetahuan

tentang kompetensi psikomotor. Sebagai pendidik harus dapat mengembangkan

bahan ajar yang sesuai dengan materi pelajaran agar tujuan pembelajaran dapat

terpenuhi. Bahan ajar yang dapat membuat mahasiswa belajar mandiri dan dapat

meningkatkan psikomotorik mahasiswa adalah modul. Tujuan penelitian ini adalah

untuk mengetahui hasil penerapan modul prktikum makro alga yang  berbasis

scientific approach terhadap kompetensi psikomotorik mahasiswa. Metode yang

digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil Penelitian ini adalah

mahasiswa yang memperoleh penilaian psikomotorik dengan kriteria sangat baik

sebanyak 14 mahasiswa dengan persentase 87,5%, dan sisanya 2 mahasiswa dengan

kriteria baik sebesar 12,5%.untuk rincian aspek psikomotorik mengamati 3,81;

mengkalsifikasi 3,81; menyimpulkan 3,69; dan mengkomunikasikan 3,63.

Kesimpulan dalam penelitian deskriptif ini adalah keterampilan Psikomotorik

mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro dapat

meningkat menjadi kriteria sangat baik menggunakan modul praktikum mako alga

REFERENSI

Asih, Triana. 

Praktikum Botani Tumbuhan

Rendah Melalui Indentifikasi Makro

Alga Kawasan Pesisir Barat

Lampung. Didaktika Jurnal

Pendidikan Biologi UM Palembang.

2

Panduan Pembelajaran Keterampilan

Proses Sains Biologi SMA/MA.

Bioedukasi Jurnal Pendidikan

Biologi FKIP UM Metro.6 

Decaprio, Richard, Tips Mengelola

Laboratorium Sekolah, Jogjakarta:

Diva Press, 2013

Hendryan . 2013. Analisis Kemampuan

Psikomotor Siswa Pada Pembelajaran

Hands On Teknik Challenge

Exporation Activity. Jurnal Ilmiah

Pendidikan Fisika Universitas Islam

Syarif Hidayatullah 5 

Permendikbud No. 73 Tahun 2013. Tentang

penerapan KKNI bidang pendidikan

tinggi.

Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013

lampiran IV tentang Implementasi

Kurikulum Pedoman Umum

Pembelajaran

Perpres No. 8 Tahun 2012. Tentang

Kerangka

Indonesia.

Kualifikasi Nasional

Prastowo, Andi. 2013. Panduan Kreatif

Membuat Bahan Ajar Inovatif.

Jogjakarta: Diva Press.

Sufairoh. 2016. Pendekatan Saintifik &

Model Pembelajaran K-13. Jurnal

Pendidikan Profesional, VOL. 5, 

Sugiono. 2012. Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif dan  R & D.

Bandung: Alfabeta.


Type:Other
Depositing User:Admin Universitas
Date Deposited:11 January 2019
Last Modified:11 January 2019
URI:https://repository.ummetro.ac.id/page/halaman/185