ANALISIS PEMBELAJARAN SAINTIFIK DAN RANAH PSIKOMOTORIK MELALUI MODUL PRAKTIKUM MAKRO ALGA
Triana Asih, M. Khayuridlo, Rasuane Noor (2018) Analisis Pembelajaran Saintifik Dan Ranah Psikomotorik Melalui Modul Praktikum Makro Alga, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA UNILA
![]() |
TEXT fulteks.pdf Download |
ABSTRAK
Capaian pembelajaran pada kurikulum KKNI Perguruan Tinggi saat ini salah
satunya adalah keterampilan umum, untuk membekali mahasiswa pengetahuan
tentang kompetensi psikomotor. Sebagai pendidik harus dapat mengembangkan
bahan ajar yang sesuai dengan materi pelajaran agar tujuan pembelajaran dapat
terpenuhi. Bahan ajar yang dapat membuat mahasiswa belajar mandiri dan dapat
meningkatkan psikomotorik mahasiswa adalah modul. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui hasil penerapan modul prktikum makro alga yang berbasis
scientific approach terhadap kompetensi psikomotorik mahasiswa. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil Penelitian ini adalah
mahasiswa yang memperoleh penilaian psikomotorik dengan kriteria sangat baik
sebanyak 14 mahasiswa dengan persentase 87,5%, dan sisanya 2 mahasiswa dengan
kriteria baik sebesar 12,5%.untuk rincian aspek psikomotorik mengamati 3,81;
mengkalsifikasi 3,81; menyimpulkan 3,69; dan mengkomunikasikan 3,63.
Kesimpulan dalam penelitian deskriptif ini adalah keterampilan Psikomotorik
mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro dapat
meningkat menjadi kriteria sangat baik menggunakan modul praktikum mako alga
REFERENSI
Asih, Triana.
Praktikum Botani Tumbuhan
Rendah Melalui Indentifikasi Makro
Alga Kawasan Pesisir Barat
Lampung. Didaktika Jurnal
Pendidikan Biologi UM Palembang.
2
Panduan Pembelajaran Keterampilan
Proses Sains Biologi SMA/MA.
Bioedukasi Jurnal Pendidikan
Biologi FKIP UM Metro.6
Decaprio, Richard, Tips Mengelola
Laboratorium Sekolah, Jogjakarta:
Diva Press, 2013
Hendryan . 2013. Analisis Kemampuan
Psikomotor Siswa Pada Pembelajaran
Hands On Teknik Challenge
Exporation Activity. Jurnal Ilmiah
Pendidikan Fisika Universitas Islam
Syarif Hidayatullah 5
Permendikbud No. 73 Tahun 2013. Tentang
penerapan KKNI bidang pendidikan
tinggi.
Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013
lampiran IV tentang Implementasi
Kurikulum Pedoman Umum
Pembelajaran
Perpres No. 8 Tahun 2012. Tentang
Kerangka
Indonesia.
Kualifikasi Nasional
Prastowo, Andi. 2013. Panduan Kreatif
Membuat Bahan Ajar Inovatif.
Jogjakarta: Diva Press.
Sufairoh. 2016. Pendekatan Saintifik &
Model Pembelajaran K-13. Jurnal
Pendidikan Profesional, VOL. 5,
Sugiono. 2012. Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan R & D.
Bandung: Alfabeta.
Type | : | Other |
Depositing User | : | Admin Universitas |
Date Deposited | : | 11 January 2019 |
Last Modified | : | 11 January 2019 |
URI | : | https://repository.ummetro.ac.id/page/halaman/185 |