SISTEM PENGELOLAAN LABORATORIUM SEKOLAH ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Nyoto Suseno & Riswanto (2018) Sistem Pengelolaan Laboratorium Sekolah Era Revolusi Industri 4.0, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UNILA, di Bandar Lampung,
![]() |
TEXT fulteks.pdf Download |
ABSTRAK
<!--[if gte mso 9]><xml>
Laboratorium memiliki peranan yang sangat penting
dalam membantu keberhasilan kegiatan pembelajaran di sekolah. Untuk itu, pemerintah
melalui PP RI No.19 Tahun 2005 telah menetapkan 8 standar laboratorium. Namun
demikian, hingga saat ini banyak laboratorium sekolah yang belum berfungsi
dengan baik, hal ini dapat terjadi karena sistem pengelolaan laboratorium
sekolah yang kompleks membutuhkan waktu dan curah tenaga yang ekstra. Perkembangan zaman saat ini
memasuki era revolusi Industri 4.0 yaitu era dimana segala aktivitas manusia menggunakan internet, data
dan berbagai layanan melalui internet, media sosial, dan komunitas masyarakat
dalam dunia internet. Era ini menyediakan sarana komunikasi dan penyimpanan
yang sangat praktis menggunakan sistem
cyber. Sistem cyber ini memberikan peluang untuk dapat
mengembangkan sistem pengelolaan laboratorium dengan memanfaatkan internet
sehingga pengelolaan laboratorium menjadi lebih mudah. Oleh karena itu, tujuan
dalam penelitian ini adalah menghasilkan sistem pengelolaan laboratorium
sekolah yang usabel dan praktis pada era revolusi industri 4.0. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan, yang meliputi tahap analisis kebutuhan,
pembuatan desain, pengembangan produk, penerapan produk dan evaluasi produk. Analisis
data mengunakan pendekatan kuantitatif melalui pemberian kuesioner kepada para
ahli. Hasil penelitian yang diperoleh berupa produk sistem pengelolaan
laboratorium era revolusi industri 4.0 secara online berupa website meliputi manajemen menu utama dan
profil pengelola, manajemen SOP Laboratorium, manajemen panduan praktikum,
manajemen inventaris alat/bahan/barang, manajemen lab virtual, manajemen jadwal
dan manajemen penelitian.. Hasil
penilaian produk rata-rata mencapai angka 87,3 dengan kriteria sangat layak
yang terdiri dari aspek desain mencapai angka 86, aspek isi mencapai 90, dan
Usabilitas mencapai angka 86. <!--[if gte mso 9]><xml>
REFERENSI