PENGARUH PEMANFAATAN KOMIK STRIP TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR”
Triani Ratnawuri dan Meyta Pritandhari (2016) Pengaruh Pemanfaatan Komik Strip Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar”, Publikasi UM Purworejo
![]() |
TEXT fulteks.pdf Download |
ABSTRAK
Pada saat proses pembelajaran mata
kuliah manajemen keuangan masih terdapat beberapa kendala, yaitu mahasiswa
kurang termotivasi untuk belajar, kurang aktif dalam bertanya dan tidak fokus
dengan penjelasan pada saat diskusi, banyak mahasiswa mengobrol, mengantuk, dan
mengabaikan proses pembelajaran di kelas, sehingga berdampak pada hasil belajar
yang rendah. Sehingga belum tercipta proses pembelajaran yang efektif dan
ideal. Berdasarkan
fenomena yang ada, peneliti yang juga merupakan dosen pengampu mata kuliah manajemen
keuangan, tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan memanfaatkan
penerapan media pembelajaran komik strip, karena media pembelajaran ini diduga
sesuai untuk menggambarkan materi pembelajaran yang membutuhkan kemudahan dalam
pemahamannya.
REFERENSI
Arikunto,
Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Arjuna. 2011. “Komik Sebagai Media Pembelajaran”. Artikel.
Diakses dari
http://arjunabelajar.blogspot.com/2011/03/komik-sebagai-mediapembelajaran.html
Hamdani, Nizar Alam dan Dodi Hermana. 2008. Classroom Action Research, Teknik Penulisan dan Contoh Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta. Rahayasa Research and Training.
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta:PT Rajagrafindo Persada.
Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: Indeks
Rifai’I, A dan Catharina Tri Anni. 2009.
Psikologi Pendidikan. Semarang:Unnes Press.
Rohani, Ahmad. 2014. Media Intruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Sardiman. 2012. Interaksi dan
Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajawali Pers
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian
Hasil Proses Belajar
Mengajar.
Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugandi, Achmad. 2006. Teori Pembelajaran.
Semarang: UPT Unnes Press
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitif, Kualitatif dan R & D. Bandung:
Alfabeta
Wena,
Made. 2009. Strategi Pembelajaran
Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara
Type | : | Other |
Depositing User | : | Admin Universitas |
Date Deposited | : | 18 February 2019 |
Last Modified | : | 18 February 2019 |
URI | : | https://repository.ummetro.ac.id/prosiding/halaman/178 |