PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SUBMATERI KINGDOMPLANTAE MELALUI PENGINTEGRASIAN NILAI KE-ISLAMAN

Rista Nurmala Sari, Anak Agung Oka, Triana Asih (2017) Pengembangan Modul Berbasis Kooperatif Tipe Example Non Example Pada Submateri Kingdomplantae Melalui Pengintegrasian Nilai Ke-islaman,


TEXT
fulteks.pdf
Download

ABSTRAK

Fakta yang jelas terjadi pada dunia pendidikan saat ini yaitu perilaku menyimpang yang dilakukan oleh para remaja SMA yang mudah kita temui dalam kehidupan sehari-hari antara lain: Suka bolos di jam sekolah, mengganggu aktivitas belajar berlangsung, melakukan kriminal, tawuran antar sekolah dan antara golongan (geng). Hal tersebut terjadi karena kurangnya pemahaman peserta didik dalam konteks nilai keagamaan yang dapat membentengi diri siswa untuk mengendalikan dirinya agar tidak melakukan hal yang melanggar aturan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan modul biologi materi kingdom plantae melalui pengintegrasian nilai-nilai spiritual keislaman sebagai sumber belajar siswa kelas X di SMA negeri 1 Punggur. Modul yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example dengan susunan yang sistematis sehingga dapat membantu peserta didik dalam menemukan permasalahan dan menyelesaikannya secara mandiri atau berkelompok. Hasil validasi yang dilakukan menunjukan tingkat kelayakan modul dengan persentase desain adalah 71%, isi materi 80%, tafsir ayat Al-Qur’an 100%, dan peserta didik 85,5%. persentase tersebut terkategori sangat kuat, sehingga modul biologi berbasis kooperatif tipe Example Non Example melalui pengintegrasian nilai-nilai spiritual keislaman dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci : Pengembangan modul, Example Non Example, nilai ke-islaman


Type:Other
Depositing User:Admin Universitas
Date Deposited:30 August 2017
Last Modified:30 August 2017
URI:https://repository.ummetro.ac.id/semnasdik/halaman/54