HUBUNGAN KESADARAN DAN REGULASI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI
Dwi Agustin, Hening Widowati, Achyani (2017) Hubungan Kesadaran Dan Regulasi Metakognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi,
![]() |
TEXT fulteks.pdf Download |
ABSTRAK
Pembelajaran yang baik tidak hanya mementingkan hasil, tetapi juga proses yang baik. Proses pembelajaran yang baik salah satunya adalah pengembangan pola berpikir. Akan tetapi, mahasiswa mengganggap berpikir/belajar hanya untuk menghasilkan nilai sebagai hasil belajar, sehingga mahasiswa tidak menggunakan proses berpikirnya secara maksimal. Padahal saat ini mahasiswa dituntut memilik kemampuan berpikir tingkat tinggi, salah satunya adalah berpikir kritis. Kemampuan berpikir mahasiswa dapat ditingkatkan melalui kesadaran dan regulasi metakognitif, yang merupakan strategi berpikir tentang berpikir. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kesadaran metakognitif dan regulasi metakognitif terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pendidikan biologi Universitas Muhammadiyah Metro. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional untuk melihat hubungan sebab akibat. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara kesadaran dan regulasi metakognitif terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai ry1.2 sebesar 0,594.
Kata Kunci: Kesadaran metakognitif, regulasi metakognitif, kemampuan berpikir kritis.
Type | : | Other |
Depositing User | : | Admin Universitas |
Date Deposited | : | 31 August 2017 |
Last Modified | : | 31 August 2017 |
URI | : | https://repository.ummetro.ac.id/semnasdik/halaman/90 |