PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA
Sujari Rahmanto (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa,
![]() |
TEXT fulteks.pdf Download |
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Desain penelitian dalam penelitian ini quasi experiment atau eksperimen semu yang terdiri dari dua kelompok penelitian yaitu kelas eksperimen (kelas perlakuan) dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Siswa SMP Negeri 1 Banjar Agung Tahun Pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Analisis data kemampuan berpikir kritis matematis siswa menggunakan uji-t yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji nomalitas dan homogen. Hasil analisis uji-t menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis matematis, NHT, pembelajaran kooperatif
Type | : | Other |
Depositing User | : | Admin Universitas |
Date Deposited | : | 31 August 2017 |
Last Modified | : | 31 August 2017 |
URI | : | https://repository.ummetro.ac.id/semnasdik/halaman/91 |