ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR MATEMATIKA SISWA TUNAGRAHITA

Jazim, Rina Agustina, Siti Nurlaila, Nurul Farida (2017) Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Siswa Tunagrahita,


TEXT
fulteks.pdf
Download

ABSTRAK

Dalam proses pembelajaran matematika siswa tunagrahita masih sulit menggunakan bahan ajar yang ada dikarenakan bahan ajar belum sesuai dengan kondisi kemampuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang kebutuhan bahan ajar matematika pada siswa tunagrahita. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) Melakukan observasi dalam proses pembelajaran matematika (2) Melakukan observasi dan analisis pada bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran, (3) Menyusun instrumen angket kebutuhan bahan ajar, (4) Melakukan penyebaran angket tentang kondisi bahan ajar pada guru yang mengajar siswa tunagrahita, (5) Melakukan analisis hasil angket, (6) Melakukan pengecekan data hasil analisis angket pada pembelajaran matematika siswa tunagrahita, (7) Menyimpulkan data tentang kebutuhan bahan ajar metematika siswa tunagrahita. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : (1) Siswa tunagrahita membutuhkan bahan ajar matematika yang sesuai dengan kemampuan siswa, (2) Dibutuhkan bahan ajar yang bersifat nyata dalam pembelajaran matematika, (3) Guru membutuhkan bahan ajar matematika yang dapat berperan sebagai acuan dalam proses pembelajaran matematika.

Kata Kunci : analsis kebutuhan bahan ajar, bahan ajar matematika, siswa tunagrahita


Type:Other
Depositing User:Admin Universitas
Date Deposited:31 August 2017
Last Modified:31 August 2017
URI:https://repository.ummetro.ac.id/semnasdik/halaman/92