INISIASI PROTOTYPE HUTAN PEMBELAJARAN SEBAGAI WAHANA IMPLEMENTASI SCIENTIFIC APPROACH BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI

Muhfahroyin (2013) Inisiasi Prototype Hutan Pembelajaran Sebagai Wahana Implementasi Scientific Approach Bagi Mahasiswa Pendidikan Biologi,


TEXT
fulteks.pdf
Download

ABSTRAK

Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah (scientific approach). Scientific approach dalam pembelajaran meliputi aktivitas mengamati, menanya, menalar, mencoba, membentuk jejaring dalam setiap mata pelajaran. Khususnya pada mata pelajaran biologi, pendekatan ini sesuai dengan makna hands on activity, inquiry,science process skills, dan pembelajaran kontekstual. Inisiasi prototype hutan pembelajaran dapat diberdayakan sebagai wahana implementasi scientific approach yang akan menguatkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menginisisasi prototype hutan pembelajaran sebagai wahana mengimplementasikan scientific approach bagi mahasiswa pendidikan biologi. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan 4D models, yaitu Define, Design, Develop, dan Diseminate. Lokasi inisiasi prototype hutan pembelajaran berada di daerah Yosodadi Kota Metro Lampung. Kegiatan diawali analisis kebutuhan dan membuat peta pada lahan yang diinisiasi, tata kelola lahan oleh mahasiswa secara project berkelompok. Hasil penelitian pada implementasi lapang, rata-rata 95,89% mahasiswa melakukan aktivitas pembelajaran yang berorientasi scientific approach berupa aktivitas mengamati, menanya, menalar, mencoba, membentuk jejaring. 


Type:Other
Depositing User:Admin Universitas
Date Deposited:13 February 2020
Last Modified:13 February 2020
URI:https://repository.ummetro.ac.id/semnasdik/halaman/96