INISIASI PROTOTYPE HUTAN PEMBELAJARAN SEBAGAI WAHANA IMPLEMENTASI SCIENTIFIC APPROACH BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI
Muhfahroyin (2013) Inisiasi Prototype Hutan Pembelajaran Sebagai Wahana Implementasi Scientific Approach Bagi Mahasiswa Pendidikan Biologi,
![]() |
TEXT fulteks.pdf Download |
ABSTRAK
Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran,
yaitu menggunakan pendekatan ilmiah (scientific approach). Scientific approach dalam
pembelajaran meliputi aktivitas mengamati, menanya, menalar, mencoba, membentuk
jejaring dalam setiap mata pelajaran. Khususnya pada mata pelajaran biologi,
pendekatan ini sesuai dengan makna hands on activity, inquiry,science process skills,
dan pembelajaran kontekstual. Inisiasi prototype hutan pembelajaran dapat
diberdayakan sebagai wahana implementasi scientific approach yang akan
menguatkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menginisisasi prototype hutan pembelajaran sebagai wahana mengimplementasikan
scientific approach bagi mahasiswa pendidikan biologi. Penelitian pengembangan ini
dilaksanakan dengan 4D models, yaitu Define, Design, Develop, dan Diseminate.
Lokasi inisiasi prototype hutan pembelajaran berada di daerah Yosodadi Kota Metro
Lampung. Kegiatan diawali analisis kebutuhan dan membuat peta pada lahan yang
diinisiasi, tata kelola lahan oleh mahasiswa secara project berkelompok. Hasil
penelitian pada implementasi lapang, rata-rata 95,89% mahasiswa melakukan aktivitas
pembelajaran yang berorientasi scientific approach berupa aktivitas mengamati,
menanya, menalar, mencoba, membentuk jejaring.
Type | : | Other |
Depositing User | : | Admin Universitas |
Date Deposited | : | 13 February 2020 |
Last Modified | : | 13 February 2020 |
URI | : | https://repository.ummetro.ac.id/semnasdik/halaman/96 |