HASIL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN DARING YANG DISERTAI PRAKTIKUM MANDIRI DENGAN MEMANFAATKAN SARANA DI LINGKUNGAN SEKITAR
Nyoto Suseno*, Riswanto (2020) Hasil Belajar Model Pembelajaran Daring Yang Disertai Praktikum Mandiri Dengan Memanfaatkan Sarana Di Lingkungan Sekitar, Universitas Muhammadiyah Metro
TEXT fulteks.pdf Download |
ABSTRAK
Pembelajaran
daring pada era Revolusi Industri 4.0 merupakan suatu kelaziman baru. Pandemi
covid 19 juga memaksa penggunaan pembelajaran daring sebagai alternatif. Untuk
capaian pembelajaran aspek kognitif, pembelajaran daring cukup efektif.
Pembelajaran fisika capaian pembelajarannya meliputi aspek kognitif dan
psikomotor, karena itu digunakan model pembelejaran daring yang dipadukan
dengan praktikum menggunakan peralatan yang ada di lingkungan sekitar. Tujuan
penelitian ini adalah melihat hasil belajar dari model pembelajaran tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitataif. Hasil
belajar akan dioleh secara kuantitatif menggunakan statistik, sedangkan
pendekatan kualitatif digunakan untuk mengungkap kelebihan dan kelemahan dari
model yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran
perpaduan sistem daring dan praktikum mandiri memberikan pengaruh yang
signifikan dan efektif dalam meningkatkan kemampuan aspek kognitif, dengan nilai N-Gain sebesar 56,4%.
Kelebihannya penambahan praktikum mandiri
secara fisik lebih bermakna dalam membangun keterampilan praktikum dan lebih
diminati dari praktikum virtual, dengan praktikum mandiri kesulitan dan
kesalahan konsep peserta didik terungkap sehingga dapat diatasi melalui
remedial. Kelemahannya: praktikum dilaksanakan secara mandiri, sehingga
mahasiswa tidak segera mendapatkan bantuan belajar ketika mengalami kesulitan,
serta alat-alat yang digunakan tidak standar. Sesuai hasil penelitian, maka
model pembelajaran daring dipadu dengan praktikum menggunakan peralatan di
lingkungan sekitar dapat digunakan dalam suasana pandemi covid-19. Pelaksanaan
praktikum dapat dilaksanakan secara kelompok dengan memperhatikan lokasi
kedekatan peserta didik.
Kata Kunci: : kognitif dan psikomotor, pembelajaran daring, praktikum, sarana lingkungan sekitar.
REFERENSI
Anderson, L. W. et al. (2001). A
Taxonomy for Learning, Teaching, and
Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New
York: Addison Wesley Longman.
Aththibby, A. R. & Salim, M.
B. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Flash Topik
Bahasan Usaha dan Energi. Jurnal Pendidikan
Fisika (JPF). 3 (2), 25 -32.
Dittrich, W., Drosd, R., Minkin, L., and Shapovalov,
A. S., 2016. The Law of Entropy Increase – A Lab Experiment. The Physics Teacher. Volume 54 Nomor 6.
Halaman: 348 – 350.
Gagne, R. M. (1985). The Cognitive Psychology of School Learning. Boston: Brown and
Company.
Gandhi, P. R., Livezey, J. A., Zaniewski, A. M. and
Frazer, D. R. D. 2016. Attending to Experimental Physics Practices and Lifelong
Learning Skills in an introductory Laboratory Course. American Journal of Physics. Volume 84. No. 9. Halaman: 696 – 703.
Hake, R. 1999. Analyzing
Change Gain Score. Indiana: Indiana University.
Jones, J.A., D’Addorio, A.J.,
Rojec, B.L., Milione, G. and Galvez, E.J. 2016. The Poincare-sphere Approach to
Polarization: Formalism and New Labs with Poincare beams. American Journal of Physics. Volume 84. No. 11. Halaman: 822 – 835.
Marzano, R. J. & Kendall, J. S. (2008). Designing and Assessing Educational
Objectives. Applying the New Taxonomy. California: Corwin Press.
Planinsic, Gorazd. 2009.
IYPT Problem as an Efficient Source of Ideas for First-Year Project Laboratory
Tasks. Eropean Journal of Physiscs.
Volume 30, number 6. Halaman 133 -137.
Sari, F. A., Suseno, N., & Riswanto. 2019.
Pengembangan Modul Fisika Online
Berbasis Web pada Materi Usaha dan
Energi. Jurnal Inovasi Pembelajaran
Fisika dan Riset Ilmiah (JIPFRI). Volume 3 Nomor 2, halaman: 129 – 135.
Suseno, N., Partono, & Riswanto. 2019. Sistem Pengelolaan Laboratorium Sekolah Era
Revolusi Industri 4.0. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Suseno, N., Harjati, P., Partono, Riswanto & Al Arifin,
D.H. 2019. School Laboratory Management
Information System. Journal of Physics: Conference Series. 1361 (2019)
012068. doi:10.1088/1742-6596/1361/1/012068. 1st International
Conference of SNIKOM, 23 – 24 November 2018. Halaman: 1 - 8
Suseno, N. (2014). Pemetaan Analogi pada Konsep
Abstrak Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika.
2 (2), 1 – 10.
Suseno, N. & Harjati, P. (2016). Experiment Role
to Develop Metocognition Ability of Prospective Teachers. Disampaikan pada The first International Conference on Low,
Economics ang Education (ICONLEE) 2016 di Bandar Lampung pada tanggal 12-13
Nopember 2016
Suseno, N. & Riswanto. 2017. Sistem Pengelolaan
Laboratorium Fisika untuk Mewujudkan Praktikum yang efisien. Jurnal Pendidikan Fisika. Volume 5.
Nomor 1. Halaman 76- 86.
Type | : | Other |
Depositing User | : | Admin Universitas |
Date Deposited | : | 20 October 2020 |
Last Modified | : | 20 October 2020 |
URI | : | https://repository.ummetro.ac.id/snppm2/halaman/12 |