HASIL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN DARING YANG DISERTAI PRAKTIKUM MANDIRI DENGAN MEMANFAATKAN SARANA DI LINGKUNGAN SEKITAR

Nyoto Suseno*, Riswanto (2020) Hasil Belajar Model Pembelajaran Daring Yang Disertai Praktikum Mandiri Dengan Memanfaatkan Sarana Di Lingkungan Sekitar, Universitas Muhammadiyah Metro


TEXT
fulteks.pdf
Download

ABSTRAK

Pembelajaran daring pada era Revolusi Industri 4.0 merupakan suatu kelaziman baru. Pandemi covid 19 juga memaksa penggunaan pembelajaran daring sebagai alternatif. Untuk capaian pembelajaran aspek kognitif, pembelajaran daring cukup efektif. Pembelajaran fisika capaian pembelajarannya meliputi aspek kognitif dan psikomotor, karena itu digunakan model pembelejaran daring yang dipadukan dengan praktikum menggunakan peralatan yang ada di lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini adalah melihat hasil belajar dari model pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitataif. Hasil belajar akan dioleh secara kuantitatif menggunakan statistik, sedangkan pendekatan kualitatif digunakan untuk mengungkap kelebihan dan kelemahan dari model yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran perpaduan sistem daring dan praktikum mandiri memberikan pengaruh yang signifikan dan efektif dalam meningkatkan kemampuan aspek kognitif, dengan nilai N-Gain sebesar 56,4%. Kelebihannya penambahan praktikum mandiri secara fisik lebih bermakna dalam membangun keterampilan praktikum dan lebih diminati dari praktikum virtual, dengan praktikum mandiri kesulitan dan kesalahan konsep peserta didik terungkap sehingga dapat diatasi melalui remedial. Kelemahannya: praktikum dilaksanakan secara mandiri, sehingga mahasiswa tidak segera mendapatkan bantuan belajar ketika mengalami kesulitan, serta alat-alat yang digunakan tidak standar. Sesuai hasil penelitian, maka model pembelajaran daring dipadu dengan praktikum menggunakan peralatan di lingkungan sekitar dapat digunakan dalam suasana pandemi covid-19. Pelaksanaan praktikum dapat dilaksanakan secara kelompok dengan memperhatikan lokasi kedekatan peserta didik.

Kata Kunci: :  kognitif dan psikomotor, pembelajaran daring, praktikum, sarana lingkungan sekitar.

REFERENSI

Anderson, L. W. et al.  (2001).  A Taxonomy  for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman.

Aththibby, A. R. & Salim, M. B. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Flash Topik Bahasan Usaha dan Energi. Jurnal Pendidikan Fisika (JPF). 3 (2), 25 -32.

Dittrich, W., Drosd, R., Minkin, L., and Shapovalov, A. S., 2016. The Law of Entropy Increase – A Lab Experiment. The Physics Teacher. Volume 54 Nomor 6. Halaman: 348 – 350.

Gagne, R. M. (1985). The Cognitive Psychology of School Learning. Boston: Brown and Company.

Gandhi, P. R., Livezey, J. A., Zaniewski, A. M. and Frazer, D. R. D. 2016. Attending to Experimental Physics Practices and Lifelong Learning Skills in an introductory Laboratory Course. American Journal of Physics. Volume 84. No. 9. Halaman: 696 – 703.

Hake, R. 1999. Analyzing Change Gain Score. Indiana: Indiana University.

Jones, J.A., D’Addorio, A.J., Rojec, B.L., Milione, G. and Galvez, E.J. 2016. The Poincare-sphere Approach to Polarization: Formalism and New Labs with Poincare beams. American Journal of Physics. Volume 84. No. 11. Halaman: 822 – 835.

Marzano, R. J. & Kendall, J. S. (2008). Designing and Assessing Educational Objectives. Applying the New Taxonomy. California: Corwin Press.

Planinsic, Gorazd. 2009. IYPT Problem as an Efficient Source of Ideas for First-Year Project Laboratory Tasks. Eropean Journal of Physiscs. Volume 30, number 6. Halaman 133 -137.

Sari, F. A., Suseno, N., & Riswanto. 2019. Pengembangan Modul Fisika Online Berbasis Web pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika dan Riset Ilmiah (JIPFRI). Volume 3 Nomor 2, halaman: 129 – 135.

Suseno, N., Partono, & Riswanto. 2019. Sistem Pengelolaan Laboratorium Sekolah Era Revolusi Industri 4.0. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Suseno, N., Harjati, P., Partono, Riswanto & Al Arifin, D.H. 2019. School Laboratory Management Information System. Journal of Physics: Conference Series. 1361 (2019) 012068. doi:10.1088/1742-6596/1361/1/012068. 1st International Conference of SNIKOM, 23 – 24 November 2018. Halaman: 1 - 8

Suseno, N. (2014). Pemetaan Analogi pada Konsep Abstrak Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika. 2 (2), 1 – 10.

Suseno, N. & Harjati, P. (2016). Experiment Role to Develop Metocognition Ability of Prospective Teachers. Disampaikan pada The first International Conference on Low, Economics ang Education (ICONLEE) 2016 di Bandar Lampung pada tanggal 12-13 Nopember 2016

Suseno, N. & Riswanto. 2017. Sistem Pengelolaan Laboratorium Fisika untuk Mewujudkan Praktikum yang efisien. Jurnal Pendidikan Fisika. Volume 5. Nomor 1. Halaman 76- 86.


Type:Other
Depositing User:Admin Universitas
Date Deposited:20 October 2020
Last Modified:20 October 2020
URI:https://repository.ummetro.ac.id/snppm2/halaman/12