EMANSIPASI GURU LAKI-LAKI TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KOTA METRO (PERSPEKTIF STAKEHOLDER)

Lusi Marlisa*, Annisa Nur Firdausyi, Nina Tisnawati (2020) Emansipasi Guru Laki-laki Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Di Kota Metro (perspektif Stakeholder), Universitas Muhammadiyah Metro


TEXT
fulteks.pdf
Download

ABSTRAK

Penelitian ini disebabkan karena keingintahuan untuk mengungkapkan fenomena yang terjadi selama ini pada pendidikan anak usia dini, salah satunya adalah untuk mengungkapkan fenomena yang terjadi bahwa guru atau tenaga pendidik PAUD yang banyak didominasi oleh guru perempuan daripada guru laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimanakah tanggapan dan pemahaman dari stakeholder (orang tua, guru dan kepala sekolah) terhadap guru laki-laki di PAUD kota Metro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus (case study), dan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam masyarakat patriarki, laki laki di posisikan sebagai superioritas. Dimana anggapan bahwa laki-laki adalah sosok yang  harus dihormati, disegani, dan lebih kuat di berbagai sektor dari pada perempuan, dan pengasuhan anak lebih cocok untuk didelegasikan pada perempuan untuk urusan mendidik dan mengasuh. Disisi lain, perlunya stakeholder memberikan kesempatan kepada laki laki untuk terjun langsung di lembaga pendidikan anak usia dini untuk bisa melakukan pengajaran dan pengasuhan langsung kepada anak. Diharapkan persepsi stakeholder yang selama ini yang melekat, bahwa pendidikan pada anak usia dini hanya diperuntukkan untuk perempuan sedikit demi sedikit berubah. Harapannya untuk stakeholder terus menggalakkan upaya untuk terus aktif menyuarakan perlu nya emansipasi laki-laki pada pendidikan anak usia dini sehingga tidak terjadi ketimpangan peran gender di lembaga pendidikan anak usia dini.

 

Kata kunci : Emansipasi, PAUD, Stakeholder

REFERENSI

Ahmad, A. (2017). PERAN AYAH PADA PENGASUHAN ANAK USIA DINI DALAM KELUARGA DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1).

Anak, P., & Dini, U. (2019). Pendidikan anak usia dini 2018/2019.

Atika, A. R., & Purnamasari, Y. M. (n.d.). PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP LAYANAN GURU LAKI-LAKI DAN GURU PEREMPUAN DI TAMAN KANAK-KANAK.

Besnard, T., & Letarte, M.-J. (2017). Effect of male and female early childhood education teacher’s educational practices on children’s social adaptation. Journal of Research in Childhood Education, 31(3), 453–464.

Bogdan, R., & Taylor, S. J. (1975). Introduction to qualitative research methods: A phenomenological approach to the social sciences. John Wiley & Sons.

Chapman, R., & Rutherford, J. (2014). Male Order: Menguak Maskulinitas. Yogyakarta: Jalasutra.

Dagun, S. M. (2002). Psikologi keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Darwin, M. (1999). Maskulinitas: Posisi laki-laki dalam masyarakat patriarkis. Center for Population and Policy Studies Gadjah Mada University, 4, 1–10.

Moleong, L. (2013). J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif, 4–10.

Permendikbud, R. I. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Mendiknas.

Rahayu, R. D., & Wigna, W. (2011). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, SEKOLAH DAN MASYARAKAT TERHADAP PERSEPSI GENDER MAHASISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN. In Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan (Vol. 5, Issue 2). Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan. https://doi.org/10.22500/sodality.v5i2.5819

Ratnawati, D., Sulistyorini, S., & Abidin, A. Z. (2019). KESETARAAN GENDER TENTANG PENDIDIKAN LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN. In Jurnal Harkat?: Media Komunikasi Gender (Vol. 15, Issue 1, pp. 10–23). LP2M Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. https://doi.org/10.15408/harkat.v15i1.13436

Riyadi, I. (2016). EMANSIPASI WANITA DAN PERAN IBU (KAJIAN TEMATIK DAN PSIKOLOGIS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI). In Al-Afkar?: Jurnal Keislaman & Peradaban (Vol. 3, Issue 1). Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep. https://doi.org/10.28944/afkar.v3i1.98

Sak, R. (2015). Comparison of self-efficacy between male and female pre-service early childhood teachers. Early Child Development and Care, 185(10), 1629–1640.

Sugiyono, P. (n.d.). Dr. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Wiyani, N. A. (2017). Perencanaan Program Kegiatan PAUD Responsif………. Gender. Jurnal IAIN Purwokerto, 12(2)


Type:Other
Depositing User:Admin Universitas
Date Deposited:21 October 2020
Last Modified:21 October 2020
URI:https://repository.ummetro.ac.id/snppm2/halaman/15