EMANSIPASI GURU LAKI-LAKI TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KOTA METRO (PERSPEKTIF STAKEHOLDER)
Lusi Marlisa*, Annisa Nur Firdausyi, Nina Tisnawati (2020) Emansipasi Guru Laki-laki Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Di Kota Metro (perspektif Stakeholder), Universitas Muhammadiyah Metro
![]() |
TEXT fulteks.pdf Download |
ABSTRAK
Penelitian
ini disebabkan karena keingintahuan untuk mengungkapkan fenomena yang terjadi
selama ini pada pendidikan anak usia dini, salah satunya adalah untuk
mengungkapkan fenomena yang terjadi bahwa guru atau tenaga pendidik PAUD yang
banyak didominasi oleh guru perempuan daripada guru laki-laki. Penelitian ini
bertujuan untuk melihat bagaimanakah tanggapan dan pemahaman dari stakeholder
(orang tua, guru dan kepala sekolah) terhadap guru laki-laki di PAUD kota
Metro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan
menggunakan pendekatan studi kasus (case
study), dan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam masyarakat patriarki,
laki laki di posisikan sebagai superioritas. Dimana anggapan bahwa laki-laki
adalah sosok yang harus dihormati,
disegani, dan lebih kuat di berbagai sektor dari pada perempuan, dan pengasuhan
anak lebih cocok untuk didelegasikan pada perempuan untuk urusan mendidik dan
mengasuh. Disisi lain, perlunya stakeholder memberikan kesempatan kepada laki
laki untuk terjun langsung di lembaga pendidikan anak usia dini untuk bisa
melakukan pengajaran dan pengasuhan langsung kepada anak. Diharapkan persepsi
stakeholder yang selama ini yang melekat, bahwa pendidikan pada anak usia dini
hanya diperuntukkan untuk perempuan sedikit demi sedikit berubah. Harapannya
untuk stakeholder terus menggalakkan upaya untuk terus aktif menyuarakan perlu
nya emansipasi laki-laki pada pendidikan anak usia dini sehingga tidak terjadi
ketimpangan peran gender di lembaga pendidikan anak usia dini.
Kata kunci : Emansipasi, PAUD, Stakeholder
REFERENSI
Ahmad, A. (2017). PERAN AYAH PADA PENGASUHAN ANAK USIA DINI
DALAM KELUARGA DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR. Jurnal Ilmiah
Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1).
Anak, P., & Dini, U. (2019). Pendidikan anak usia dini
2018/2019.
Atika, A. R., & Purnamasari, Y. M. (n.d.). PERSEPSI
ORANG TUA TERHADAP LAYANAN GURU LAKI-LAKI DAN GURU PEREMPUAN DI TAMAN
KANAK-KANAK.
Besnard, T., & Letarte, M.-J. (2017). Effect of male and
female early childhood education teacher’s educational practices on children’s
social adaptation. Journal of Research in Childhood Education, 31(3),
453–464.
Bogdan, R., & Taylor, S. J. (1975). Introduction to
qualitative research methods: A phenomenological approach to the social
sciences. John Wiley & Sons.
Chapman, R., & Rutherford, J. (2014). Male Order: Menguak
Maskulinitas. Yogyakarta: Jalasutra.
Dagun, S. M. (2002). Psikologi keluarga. Jakarta: Rineka
Cipta.
Darwin, M. (1999). Maskulinitas: Posisi laki-laki dalam
masyarakat patriarkis. Center for Population and Policy Studies Gadjah Mada
University, 4, 1–10.
Moleong, L. (2013). J. 2007. Metodologi Penelitian
Kualitatif, 4–10.
Permendikbud, R. I. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional
Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Mendiknas.
Rahayu, R. D., & Wigna, W. (2011). PENGARUH LINGKUNGAN
KELUARGA, SEKOLAH DAN MASYARAKAT TERHADAP PERSEPSI GENDER MAHASISWA LAKI-LAKI
DAN PEREMPUAN. In Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan (Vol. 5, Issue 2).
Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan.
https://doi.org/10.22500/sodality.v5i2.5819
Ratnawati, D., Sulistyorini, S., & Abidin, A. Z. (2019).
KESETARAAN GENDER TENTANG PENDIDIKAN LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN. In Jurnal
Harkat?: Media Komunikasi Gender (Vol. 15, Issue 1, pp. 10–23). LP2M
Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.
https://doi.org/10.15408/harkat.v15i1.13436
Riyadi, I. (2016). EMANSIPASI WANITA DAN PERAN IBU (KAJIAN
TEMATIK DAN PSIKOLOGIS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI). In Al-Afkar?: Jurnal
Keislaman & Peradaban (Vol. 3, Issue 1). Institut Dirosat Islamiyah
Al-Amien Prenduan Sumenep. https://doi.org/10.28944/afkar.v3i1.98
Sak, R. (2015). Comparison of self-efficacy between male and
female pre-service early childhood teachers. Early Child Development and
Care, 185(10), 1629–1640.
Sugiyono, P. (n.d.). Dr. 2010. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Wiyani,
N. A. (2017). Perencanaan Program Kegiatan PAUD Responsif………. Gender. Jurnal
IAIN Purwokerto, 12(2)
Type | : | Other |
Depositing User | : | Admin Universitas |
Date Deposited | : | 21 October 2020 |
Last Modified | : | 21 October 2020 |
URI | : | https://repository.ummetro.ac.id/snppm2/halaman/15 |