STRATEGI KONFLIK KOGNITIF DISERTAI PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Partono*, Dedy Hidayatullah Alarifin, Eko Prihandono (2020) Strategi Konflik Kognitif Disertai Peta Konsep Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Ditinjau Dari Gaya Belajar, Universitas Muhammadiyah Metro
![]() |
TEXT fulteks.pdf Download |
ABSTRAK
Tujuan pokok penelitian ini
yaitu, untuk mengetahui efektivitas strategi konflik kognitif disertai peta
konsep pada pembelajaran fisika dalam upaya meningkatkan pemahaman mahasiswa. Salah satu strategi pembelajaran yang diharapkan
dapat memfasilitasi proses belajar pada mahasiswa adalah dengan menciptakan
konflik yaitu, menghadapkan siswa dengan situasi ganjil (discrepant event) dan gagasan atau ide yang bertentangan
(ideational confrontation) dengan
konsep yang ada pada struktur kognitifnya, sehingga memicu terjadinya perubahan
konsepsi. Menghadapkan mahasiswa pada kejadian yang tidak cocok dengan
gagasannya sebagai pemberian "pengalaman
anomali".Dengan menciptakan konflik, mahasiswa dituntut berusaha membela
diri dan menjelaskan lebih rinci tentang pemahamannya (konsepsinya), dan ini
merupakan jalan penting menuju pengembangan struktur kognitif (skema) sebagai
faktor yang mampu memberi kontribusi terhadap keberhasilan belajar mahasiswa. Penerapan
strategi konflik kognitif disertai peta konsep dapat memperlihatkan
pembelajaran menjadi lebih jelas dan bermakna. Belajar bermakna itu sendiri
merupakan suatu proses dalam belajar, dimana informasi baru dikaitkan pada
konsep-konsep relevan yang telah ada dalam struktur kognitif mahasiswa sehingga diharapkan dengan membuat
peta konsep, dapat memahami konsep lebih utuh. Strategi konflik kognitif dengan
peta konsep merupakan perpaduan yang saling melengkapi, yaitu agarmahasiswa aktif dalam pembelajaran dan
memberikan kebebasan pada mahasiswa
untuk mengungkapkan idenya, sehingga mampu meningkatkan aktivitas
mengkonstruksi menuju kualitas pemahaman konsep menjadi lebih optimal.
Kata Kunci: gaya belajar,konflik kognitif, pemahaman konsep , peta konsep
REFERENSI
Barbara, et al. (2001).The
Canfield Learning Style Inventory: An Assefulness in Accountiong Education
Research. Issues in Accounting Education Fall.16 No. a. Agustus.
Budi dan Ashari.
(2005) Analisis Statistik dengan
Microsoft Excel dan SPSS. Yogyakarta: ANDI
Dahar, R.W. (1996). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga
Dreyfus, et al.
(1990).“Appliying the cognitive conflict strategy for conceptual change-some
implications, difficulties, and problems”.Journal
Research in Science Teaching.74 (5).
Gaiger. (1992). Learning
Style of Student and Instructor : on Analysis of Course Perfomance and
Satisfaction. The Accounting Education Journal.
Hobri. (2009). Model-model
Pembelajaran Inovatif. Jember: Center for Society Studies (CSS).
Kwon, et al. (2000).The relation between cognitive conflict
characteristics and responses of students confronted with anomalous situation
Indonesia learning science. [Online]. Tersedia: http://cc.knue.ac.kr/~bk21sciedu/down5-32.htm. [23 April 2002].
Nesmaya, L. (2013). Penerapan Strategi Konflik
Kognitif Disertai Peta Konsep dalam Pembelajaran Fisika di SMA.Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Jember.
ISSN 2301-9794.
Pujiningsih, S. (2011).
Kecenderungan Gaya Belajar Mahasiswa Akuntansi FE-UM. Penelitian DIPA.
Lemlit Universitas Negeri Malang
Sugiyono. (2010). Metode
Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung:
Alfabeta.
Suparno, P. (1997).
Filsafat kosntruktivisme dalam
pendidikan. Yogyakarta: Kanisius
(Anggota IKAPI).
W. Gulo. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:
PT. Gramedia
Type | : | Other |
Depositing User | : | Admin Universitas |
Date Deposited | : | 21 October 2020 |
Last Modified | : | 21 October 2020 |
URI | : | https://repository.ummetro.ac.id/snppm2/halaman/16 |