ANALISIS KELAYAKAN UJICOBA LKPD 3D SISWA LOW VISION

Rina Agustina, Nurul Farida* (2020) Analisis Kelayakan Ujicoba Lkpd 3d Siswa Low Vision, Universitas Muhammadiyah Metro


TEXT
fulteks.pdf
Download

ABSTRAK

Pentingnya pendidikan bagi anak tunanetra agar mereka dapat bersosialisasi dengan masyarakat tanpa harus merasa rendah diri. Selain itu agar memiliki kecakapan keterampilan dan pengetahuan serta hak sama dalam  memperolehpendidikan. Low vision merupakan kategori tunanetra. Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk menganalisiskelayakan uji coba  bahan ajar LKPD 3D siswa low vision. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan observasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyekpenelitian ini adalah siswa low vision SLB A Citeureup, Cimahi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa rata-ratapersentase kelayakan LKPD 3D  sebesar 78,8% sehingg masuk dalam kriteria layak. Selanjutnya disimpulkanbahwa kelemahan dari LKPD 3D yang telah diujicobakan antara lain: 1) harus berulang-ulang meraba bangun ruangnya, 2) tulisan dan bentuk bangun ruang yang ada di dalam LKPD 85% mudah dipahami dalam pembelajaranindividu, 3) penulisan simbol dalam matematika masih menggunakan aturan lama, 4) bangun ruang dalam buku kurang lengkap, dan 5) gambar ditempel sehingga bagian bawah tidak terasa. Kelebihan dari LKPD 3D yang telah diujicobakan antara lain: 1) LKPD 3D yang dikembangkan memudahkan siswa untuk menelaah materi, 2) menarikminat belajar siswa, 2) membantu guru dan siswa memahami konsep dan 3) lebih mudah mempelajari materi. 

Kata Kunci Bangun Ruang, LKPD, Low Vision.

REFERENSI

Agustina, R & Farida. N. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Matematika Bagi Siswa Low Vision.  Jurnal                Pendidikan Matematika Raflesia 4 (2), 58-66. 

Anggraini, W., Anwar, Y., & Madang, K. (2016).  Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Learning Cycle              7e Materi Sistem Sirkulasi Pada Manusia Untuk Kelas XI SMA. Jurnal Pembelajaran Biologi 3 (1), 49-57. 

Fitriani., Hasan, M & Musri. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah Untuk                        Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal                       Pendidikan Sains Indonesia 4 (2), 24-35. 

Ibrahim, Kosim, & Gunawan . (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups)                       Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi  III (1), 14-           23. 

Indriastuti, F. (2015) Efektifitas Media Pembelajaran Audio Melalui Cerita Pendidikan Berkarakter Untuk Tunanetra Jenjang           SMP. JRR Tahun 2, No.1.

Kurniawan, I. (2015). Implementasi Pendidikan Bagis Siswa Tunanetra di Sekolah Dasar Inklusi. Edukasi Islam Jurnal                       Pendidikan Islam  4, 1044-1060.

Marsa., Hala, Y., & Taiyeb, A.M. (2016). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Ilmiah                   Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VII Peserta Didik SMP Negeri 2 Watampone. Jurnal Sainsmat V              (1), 42-57. 

Nurmahudina, S., Distrik, I.W. Wahyudi, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis                          ExCluSiVE pada Pembelajaran Alat Optik terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu                              pendidikan 15 (2), 129-139. 

Rahardja, D  & Nawawi, A. (2010). Sistem Pengajaran Modul Orientasi dan Mobilitas. Bandung: Universitas Pendidikan                      Indonesia.

Susanti, R. A. (2016). Modul Guru Pembelajar SLB Tunanetra Kelompok Kompetensi B. Bandung: PPPPTK TK dan PLB                     Bandung.


Type:Other
Depositing User:Admin Universitas
Date Deposited:21 October 2020
Last Modified:21 October 2020
URI:https://repository.ummetro.ac.id/snppm2/halaman/29