ANALISIS KELAYAKAN UJICOBA LKPD 3D SISWA LOW VISION
Rina Agustina, Nurul Farida* (2020) Analisis Kelayakan Ujicoba Lkpd 3d Siswa Low Vision, Universitas Muhammadiyah Metro
TEXT fulteks.pdf Download |
ABSTRAK
Pentingnya pendidikan bagi anak tunanetra agar mereka dapat bersosialisasi dengan masyarakat tanpa harus merasa rendah diri. Selain itu agar memiliki kecakapan keterampilan dan pengetahuan serta hak sama dalam memperolehpendidikan. Low vision merupakan kategori tunanetra. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisiskelayakan uji coba bahan ajar LKPD 3D siswa low vision. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan observasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyekpenelitian ini adalah siswa low vision SLB A Citeureup, Cimahi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa rata-ratapersentase kelayakan LKPD 3D sebesar 78,8% sehingg masuk dalam kriteria layak. Selanjutnya disimpulkanbahwa kelemahan dari LKPD 3D yang telah diujicobakan antara lain: 1) harus berulang-ulang meraba bangun ruangnya, 2) tulisan dan bentuk bangun ruang yang ada di dalam LKPD 85% mudah dipahami dalam pembelajaranindividu, 3) penulisan simbol dalam matematika masih menggunakan aturan lama, 4) bangun ruang dalam buku kurang lengkap, dan 5) gambar ditempel sehingga bagian bawah tidak terasa. Kelebihan dari LKPD 3D yang telah diujicobakan antara lain: 1) LKPD 3D yang dikembangkan memudahkan siswa untuk menelaah materi, 2) menarikminat belajar siswa, 2) membantu guru dan siswa memahami konsep dan 3) lebih mudah mempelajari materi.
Kata Kunci: Bangun Ruang, LKPD, Low Vision.
REFERENSI
Agustina, R & Farida. N. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Matematika Bagi Siswa Low Vision. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 4 (2), 58-66.
Anggraini, W., Anwar, Y., & Madang, K. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Learning Cycle 7e Materi Sistem Sirkulasi Pada Manusia Untuk Kelas XI SMA. Jurnal Pembelajaran Biologi 3 (1), 49-57.
Fitriani., Hasan, M & Musri. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 4 (2), 24-35.
Ibrahim, Kosim, & Gunawan . (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi III (1), 14- 23.
Indriastuti, F. (2015) Efektifitas Media Pembelajaran Audio Melalui Cerita Pendidikan Berkarakter Untuk Tunanetra Jenjang SMP. JRR Tahun 2, No.1.
Kurniawan, I. (2015). Implementasi Pendidikan Bagis Siswa Tunanetra di Sekolah Dasar Inklusi. Edukasi Islam Jurnal Pendidikan Islam 4, 1044-1060.
Marsa., Hala, Y., & Taiyeb, A.M. (2016). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Ilmiah Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VII Peserta Didik SMP Negeri 2 Watampone. Jurnal Sainsmat V (1), 42-57.
Nurmahudina, S., Distrik, I.W. Wahyudi, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis ExCluSiVE pada Pembelajaran Alat Optik terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu pendidikan 15 (2), 129-139.
Rahardja, D & Nawawi, A. (2010). Sistem Pengajaran Modul Orientasi dan Mobilitas. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Susanti, R. A. (2016). Modul Guru Pembelajar SLB Tunanetra Kelompok Kompetensi B. Bandung: PPPPTK TK dan PLB Bandung.
Type | : | Other |
Depositing User | : | Admin Universitas |
Date Deposited | : | 21 October 2020 |
Last Modified | : | 21 October 2020 |
URI | : | https://repository.ummetro.ac.id/snppm2/halaman/29 |