KESALAHAN BERPIKIR ANALOGI MAHASISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA

Jazim Ahmad, Dwi Rahmawati* , Rahmad Bustanul Anwar (2020) Kesalahan Berpikir Analogi Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika, Universitas Muhammadiyah Metro


TEXT
fulteks.pdf
Download

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan berpikir analogi mahasiswa dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikanmmatematika. Pemilihan subjek penelitian dengan purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kesalahan berpikir analogi yang terjadi pada mahasiswa antara lain kesalahan dalam menerapkan sifat yang seharusnya berbeda, kesalahan dalam menerapkan prosedur, kesalahan dalam mengabaikan simbol. Kesalahan berpikir analogi mahasiswa disebabkan kurangnya mahasiswa dalam memperhatikan struktur yang mendasari kedua masalah analogi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dalam pembelajaran sehingga dapat meminimalkan kesalahan berpikir analogi mahasiswa dalam memecahkan masalah matematika.

Kata Kunci: Analogi, Kesalahan.Analogi, Kesalahan. 

REFERENSI

Abdellatif, H. R., Cummings, R., & Maddux, C. D. (2008). Factors Affecting the Development of Analogical Reasoning in Young Children: A Review of Literature. Education, 129(2). 

Basir, M. A., Ubaidah, N., & Aminudin, M. (2018). Penalaran Analogi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 198–210. 

Bayazit, ?., & Ubuz, B. (2008). Instructional analogies and student learning: The concept of function. Proceedings of International Group for the Psychology of Mathematics Education, 145–152. 

English, L. D. (2004). Mathematical and analogical reasoning in early childhood. Mathematical and Analogical Reasoning of Young Learners, 1–22. 

Holyoak, K. J. (2012). Analogy and relational reasoning. 

Lee, K., Kim, M., Na, G., Han, D., & Song, S. (2007). Induction, analogy, and imagery in geometric reasoning. PME CONFERENCE, 31(3), 3. 

Loc, N. P., & Uyen, B. P. (2014). Using Analogy in Teaching Mathematics: An Investigation of Mathematics Education Students in School of Education-Can Tho University. International Journal of Education and Research, 2(7), 91–98. 

Manuaba, I. G. B., Sutawidjaja, A., & Susanto, H. (2018). KESALAHAN PENALARAN ANALOGI SISWA KELAS XII SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH NILAI MAKSIMUM. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 1, 105–115. 

Pang, A. W.-K., & Dindyal, J. (2009). Analogical reasoning errors in mathematics at junior college level. Pease, A., Colton, S., Ramezani, R., Smaill, A., & Guhe, M. (2010). Using analogical representations for mathematical concept formation. In Model-Based Reasoning in Science and Technology (pp. 301–314). Springer. 

Pratamasari, R. R., & Subanji, C. (2013). Penelusuran Kesalahan Siswa dan Pemberian Scaffolding dalam Menyelesaikan Bentuk Aljabar. Makalah Ilmiah Tidak Diterbitkan. 

Ruppert, M. (2013). Ways of analogical reasoning-thought processes in an example based learning environment. Eighth Congress of European Research in Mathematics Education (CERME 8), 6–10. 


Type:Other
Depositing User:Admin Universitas
Date Deposited:21 October 2020
Last Modified:21 October 2020
URI:https://repository.ummetro.ac.id/snppm2/halaman/30