PELATIHAN PENGEMBANGAN SOAL HOTS BAGI GURU IPA SD (SEKOLAH DASAR) AISYIYAH METRO

Ratini*,Triana Asih, Zaenal Abidin (2020) Pelatihan Pengembangan Soal Hots Bagi Guru Ipa Sd (sekolah Dasar) Aisyiyah Metro, Universitas Muhammadiyah Metro


TEXT
fulteks.pdf
Download

ABSTRAK

Banyak kita jumpai warga bangsa Indonesia yang karena keterbatasannya, tidak melanjutkan studi setelah tamat SD.

Hal ini menjadi alasan penting bahwa guru SD harus kompeten seperti guru pada jenjang manapun di atasnya,

bahkan harus kompeten seperti guru besar (Profesor). Hidup di Era RI 4.0 dalam  abad 21 ini harus menguasai

kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher-Order Thinking Skills (HOTS). Paradigma pembelajaranabad 21

menekankan kepada kemampuan siswa untuk berpikir kritis, menghubungkan ilmu dengan dunia nyata. Dengan soal

HOTS siswa akan terbiasa berpikir kritis dan kreatif dalam pemecahan masalah. Soal HOTS memiliki karakteristik:

Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, tidak terbatas pada aspek mengingat dan memahami, Berbasis

permasalahan kontekstual; Stimulus menarik; Tidak Familiar; dan Kebaruan, memroses dan menerapkaninformasi,

mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda,dan menelaah ide dan informasi secara kritis. Para guru

SDAM saat ini belum terampil mengembangkan soal HOTS, maka dilaksanakanlah pelatihan melalui metode

tutorial, latihan dan praktik.  Setelah dilaksanakan pelatihan,para guru SDAM kini mampu mengembangkan soal

HOTS.Agar hasil pelatihan guru ini bermanfaat nyata, hendaknya pimpinan sekolah mewajibkan kepada setiap

gurunya agar memfasilitasi siswanya mencapai kemampuan berpikir tingkat tinggi, dan mengukur hasil

pencapaiannya menggunakan soal “HOTS” (Higher-Order Thinking Skills). Pihak pemberi pelatihan hendaknya

melakukan pendampingan untuk memberikan bantuan bagi mitra yang mengalami kendala.

 Kata Kunci: Pelatihan, pengembangan, soal HOTS


REFERENSI

Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal HOTS Pada Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1). 

Indonesia, R. (2005). Undang-undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. 

Sekretariat Negara. Jakarta. 

Jelatu, Silfanus dkk (2019).Konstruksi Tes High Order Thinking Skills (HOTS) bagi Guru-Guru Matematika SMP di 

Manggarai Timur. E-DIMAS:Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 10(2), 84-90 ISSN 2087-3565 (Print)

dan ISSN 2528-5041 (Online) Available Online at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas. diakses 11 

Oktober 2020

Musrikah. (2018). Higher Order Thingking Skill (Hots) Untuk Anak Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran 

Matematika.Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak II (2). 

Ratini,. Riswanto,.danIkhwan,. (2019). Analisis Penggunaan Soal HOTS dalamPembelajaran  Scientific Approach di 

SD  Muhammadiyah Metro, Proseding  Seminar Nasional hasil Penelitian dan Pengabdian, UM Metro.

Siswono, Tatag Yuli Eko. (2008) Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah 

untuk Meningkatkan Kemampuan Kerpikir Kreatif (Surabaya:Unesa University Press), hal. 14.

Sofyan, Fuaddilah Ali. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013.Jurnal Inventa III (1). ISSN    : 2598-6244. 

P-ISSN: 2622-819X. Palembang; Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah.

Yuniar, Maharani., Rakhmat, Cece., dan Saepulrohma, Asep. (2015). Analisis Hots (High Order Thinking Skills) 

Pada Soal Objektif Tes Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SD Negeri 7 Ciamis.

Jurusan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia,  


Type:Other
Depositing User:Admin Universitas
Date Deposited:21 October 2020
Last Modified:21 October 2020
URI:https://repository.ummetro.ac.id/snppm2/halaman/57