PELATIHAN PENGEMBANGAN SOAL HOTS BAGI GURU IPA SD (SEKOLAH DASAR) AISYIYAH METRO
Ratini*,Triana Asih, Zaenal Abidin (2020) Pelatihan Pengembangan Soal Hots Bagi Guru Ipa Sd (sekolah Dasar) Aisyiyah Metro, Universitas Muhammadiyah Metro
![]() |
TEXT fulteks.pdf Download |
ABSTRAK
Banyak kita jumpai warga bangsa Indonesia yang karena keterbatasannya, tidak melanjutkan studi setelah tamat SD.
Hal ini menjadi alasan penting bahwa guru SD harus kompeten seperti guru pada jenjang manapun di atasnya,
bahkan harus kompeten seperti guru besar (Profesor). Hidup di Era RI 4.0 dalam abad 21 ini harus menguasai
kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher-Order Thinking Skills (HOTS). Paradigma pembelajaranabad 21
menekankan kepada kemampuan siswa untuk berpikir kritis, menghubungkan ilmu dengan dunia nyata. Dengan soal
HOTS siswa akan terbiasa berpikir kritis dan kreatif dalam pemecahan masalah. Soal HOTS memiliki karakteristik:
Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, tidak terbatas pada aspek mengingat dan memahami, Berbasis
permasalahan kontekstual; Stimulus menarik; Tidak Familiar; dan Kebaruan, memroses dan menerapkaninformasi,
mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda,dan menelaah ide dan informasi secara kritis. Para guru
SDAM saat ini belum terampil mengembangkan soal HOTS, maka dilaksanakanlah pelatihan melalui metode
tutorial, latihan dan praktik. Setelah dilaksanakan pelatihan,para guru SDAM kini mampu mengembangkan soal
HOTS.Agar hasil pelatihan guru ini bermanfaat nyata, hendaknya pimpinan sekolah mewajibkan kepada setiap
gurunya agar memfasilitasi siswanya mencapai kemampuan berpikir tingkat tinggi, dan mengukur hasil
pencapaiannya menggunakan soal “HOTS” (Higher-Order Thinking Skills). Pihak pemberi pelatihan hendaknya
melakukan pendampingan untuk memberikan bantuan bagi mitra yang mengalami kendala.
Kata Kunci: Pelatihan, pengembangan, soal HOTS
REFERENSI
Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal HOTS Pada Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1).
Indonesia, R. (2005). Undang-undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Sekretariat Negara. Jakarta.
Jelatu, Silfanus dkk (2019).Konstruksi Tes High Order Thinking Skills (HOTS) bagi Guru-Guru Matematika SMP di
Manggarai Timur. E-DIMAS:Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 10(2), 84-90 ISSN 2087-3565 (Print)
dan ISSN 2528-5041 (Online) Available Online at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas. diakses 11
Oktober 2020
Musrikah. (2018). Higher Order Thingking Skill (Hots) Untuk Anak Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran
Matematika.Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak II (2).
Ratini,. Riswanto,.danIkhwan,. (2019). Analisis Penggunaan Soal HOTS dalamPembelajaran Scientific Approach di
SD Muhammadiyah Metro, Proseding Seminar Nasional hasil Penelitian dan Pengabdian, UM Metro.
Siswono, Tatag Yuli Eko. (2008) Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah
untuk Meningkatkan Kemampuan Kerpikir Kreatif (Surabaya:Unesa University Press), hal. 14.
Sofyan, Fuaddilah Ali. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013.Jurnal Inventa III (1). ISSN : 2598-6244.
P-ISSN: 2622-819X. Palembang; Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah.
Yuniar, Maharani., Rakhmat, Cece., dan Saepulrohma, Asep. (2015). Analisis Hots (High Order Thinking Skills)
Pada Soal Objektif Tes Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SD Negeri 7 Ciamis.
Jurusan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia,
Type | : | Other |
Depositing User | : | Admin Universitas |
Date Deposited | : | 21 October 2020 |
Last Modified | : | 21 October 2020 |
URI | : | https://repository.ummetro.ac.id/snppm2/halaman/57 |