PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH LOKAL BERBASIS ANDROID BERMUATAN NILAI KARAKTER PADA MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS MUHAMAMDIYAH METRO
Umi Hartati*, Kuswono, Ragil Agustono (2020) Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Lokal Berbasis Android Bermuatan Nilai Karakter Pada Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Muhamamdiyah Metro, Universitas Muhammadiyah Metro
![]() |
TEXT fulteks.pdf Download |
ABSTRAK
Masalah dalam penelitian ini adalah belum adanya pengembangan bahan ajar
sejarah lokal berbasis android yang bermuatan nilai-nilai karakter pada mahasiswa
Pendidikan Sejarah UM Metro. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan bahan ajar sejarah lokal berbasis android bermuatan nilai
karakter yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa pendidikan sejarah. Bahan
pembelajaran yang dikembangkan akan menerapkan pembelajaran berbasis karakter.
Pengembangan bahan ajar akan menggunakan model Research and Development
(R&D) meliputi pertama, melakukan studi pendahuluan yang dilakukan
dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Tahap kedua, akan dilakukan
pengembangan desain bahan ajar berkarakter berbasis android kemudian divalidasi
oleh tim ahli, uji coba kelayakan, perbaikan desain dan tahap ketiga pencetakan
bahan ajar bermuatan karakter sebagai draft bahan ajar berbasis android. Hasil
dari pengembangan ini setelah melalui 2 tahap uji validasi oleh 2 ahli materi
dan 2 ahli media dapat dinyatakn layak untuk diujicobakan pada mahasiswa
pesndidikan sejarah UM Metro.
Kata Kunci: Bahan ajar; Nilai Karakter; Pembelajaran
Sejarah.
REFERENSI
Adam, A. W.
(2006). Berpikir
Historis Membenahi Sejarah. Dalam Sam Wineburg..
Berpikir Historis: Memetaan Masa Depan Mengajarkan Masa Lalu.
Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Kuswono.
(2015).
Kinerja Guru Sejarah SMA di Kota Metro. Historia Jurnal Pembelajaran Sejarah
dan Sejarah Volume 3. No. 2 Tahun 2015 hlm. 91- 98. Unit Publikasi Ilmiah
FKIP UM Metro.
Wenno, I. H.
(2010). Pengembangan Model Modul IPA Berbasis Problem
Solving Method Berdasarkan Karakteristik Siswa dalam Pembelajaran di
SMP/MTS. Cakrawala Pendidikan, Juni 2010, Th. XXIX, No. 2. Hal. 176-188.
Zuchdi, D.,
Prasetya, Z. K, dan Masruri, M. S. (2010).
Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran Bidang
Studi di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, Mei 2010, th. XXIX, Edisi
Khusus Dies Natalis UNY.
Zahra, F. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Pokok Bahasan Islamisasi Berbasis Peninggalan Sejarah Masjid Agung Demak. IJHE (Indonesian Journal History Education). Vol. 3 No. 1 Tahun 2014. Hlm. 17-21. Semarang: UNNES.
| Type | : | Other |
| Depositing User | : | Admin Universitas |
| Date Deposited | : | 20 October 2020 |
| Last Modified | : | 20 October 2020 |
| URI | : | https://repository.ummetro.ac.id/snppm2/halaman/9 |

