PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH LOKAL BERBASIS ANDROID BERMUATAN NILAI KARAKTER PADA MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS MUHAMAMDIYAH METRO

Umi Hartati*, Kuswono, Ragil Agustono (2020) Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Lokal Berbasis Android Bermuatan Nilai Karakter Pada Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Muhamamdiyah Metro, Universitas Muhammadiyah Metro


TEXT
fulteks.pdf
Download

ABSTRAK

Masalah dalam penelitian ini adalah belum adanya pengembangan bahan ajar sejarah lokal berbasis android yang bermuatan nilai-nilai karakter pada mahasiswa Pendidikan Sejarah UM Metro. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar sejarah lokal berbasis android bermuatan nilai karakter yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa pendidikan sejarah. Bahan pembelajaran yang dikembangkan akan menerapkan pembelajaran berbasis karakter. Pengembangan bahan ajar akan menggunakan model Research and Development (R&D) meliputi pertama, melakukan studi pendahuluan yang dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Tahap kedua, akan dilakukan pengembangan desain bahan ajar berkarakter berbasis android kemudian divalidasi oleh tim ahli, uji coba kelayakan, perbaikan desain dan tahap ketiga pencetakan bahan ajar bermuatan karakter sebagai draft bahan ajar berbasis android. Hasil dari pengembangan ini setelah melalui 2 tahap uji validasi oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media dapat dinyatakn layak untuk diujicobakan pada mahasiswa pesndidikan sejarah UM Metro.

Kata Kunci: Bahan ajar; Nilai Karakter; Pembelajaran Sejarah.

REFERENSI

Adam, A. W. (2006). Berpikir Historis Membenahi Sejarah. Dalam Sam Wineburg.. Berpikir Historis: Memetaan Masa Depan Mengajarkan Masa Lalu. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Kuswono. (2015). Kinerja Guru Sejarah SMA di Kota Metro. Historia Jurnal Pembelajaran Sejarah dan Sejarah Volume 3. No. 2 Tahun 2015 hlm. 91- 98. Unit Publikasi Ilmiah FKIP UM Metro.

Wenno, I. H. (2010). Pengembangan Model Modul IPA Berbasis Problem Solving Method Berdasarkan Karakteristik Siswa dalam Pembelajaran di SMP/MTS. Cakrawala Pendidikan, Juni 2010, Th. XXIX, No. 2. Hal. 176-188.

Zuchdi, D., Prasetya, Z. K, dan Masruri, M. S. (2010). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran Bidang Studi di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, Mei 2010, th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY.

Zahra, F. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Pokok Bahasan Islamisasi Berbasis Peninggalan Sejarah Masjid Agung Demak. IJHE (Indonesian Journal History Education). Vol. 3 No. 1 Tahun 2014. Hlm. 17-21. Semarang: UNNES.


Type:Other
Depositing User:Admin Universitas
Date Deposited:20 October 2020
Last Modified:20 October 2020
URI:https://repository.ummetro.ac.id/snppm2/halaman/9