PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA PESERTA DIDIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)

Mudaim*, Putri Solekhah (2020) Pelaksanaan Layanan Bimbingan Dan Konseling Pada Peserta Didik Anak Berkebutuhan Khusus (abk), Universitas Muhammadiyah Metro


TEXT
fulteks.pdf
Download

ABSTRAK

Anak berkebutuhan khusus dalam proses perkembangan dan pertumbuhannya mengalami gangguan fisik, mental, emosi dan intelektualnya, sehingga dalam pemberian layanan Bimbingan dan Konseling harus dapat dilakukan dengan maksimal mulai dari need assessment sampai pembuatan program, karena kebutuhan yang ada pada peserta didik anak berkebutuhan khusus dan peserta didik normal itu berbeda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perencanaan layanan, pelaksanaan layanan, dan evaluasi layanan bimbingan dan konseling pada peserta didik anak berkebutuhan khusus di SMP Negeri 2 Metro. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek peneliti Peneliti adalah guru Bimbingan dan Konseling dan guru Inklusi di SMP Negeri 2 Metro. Data dalam peneliti diperoleh melalui metode wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pengujian keabsahan dilakukan dengan cara triangulasi.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa perencanaan layanan bimbinan dan konseling peserta didik pada anak berkebutuhan khusus kurang dapat dilaksanakan sepenuhnya, guru Bimbingan dan Konseling melakukan need asessment dengan menggunakan instrumen angket anak berkebutuhan khusus yang berisis tentang fisik, kognitif, interaksi sosial, cara berkomunikasi dan sensoris akan tetapi belum memiliki program secara khusus bagi peserta didik anak berkebutuhan khusus, sehingga program yang ada masih dijadikan satu dengan peserta didik normal. Pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling menyesuaikan dengan kebutuhan dan keterbatasan yang dimiliki oleh peserta didik. Evaluasi yang dilakukan dalam pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling, guru Bimbingan dan Konseling melihat perubahan dan perkembangan yang terjadi pada peserta didik anak berkebutuhan khusus.

 

Kata Kunci: : Pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling, Anak Berkebutuhan Khusus

REFERENSI

Atmaja, Jati Rinakri. (2018). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Awwad, Muhammad. 2015. Urgensi Layanan Bimbingan dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Al Tazkiah, Vol. 7 No. 1.

Badiah, Lutfi Isni. (2017). Implementasi Program Bimbingan dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di SMP Negeri 32 Surakarta. Jurnal bimbingan dan konseling FKIP UNIPA. Vol 34. No 2. ISSN: 0216 2938

Budiyanto. (2017). Pengantar Pendidikan Inklusi (Berbasis Budaya Lokal). Jakarta: Prenadamedia Group.

Murtie, Afin. (2016). Ensiklopedia Anak Berkebutuhan Khusus. Jogjakarta: Redaksi Maxima.

Prayitno dan  Amti Erman. (2013). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suhaeri dan Purwanta. (1996). Bimbingan Konseling Anak Luar Biasa. Depdikbud RI: Jakarta

Sukardi, Dewa Ketut. (2008a). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi, Dewa Ketut dan Kusumawati, Desak PE Nila. (2008b). Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sunardi. (2005). Pedoman Pelaksanaan BP di SLB. Bandung; Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Ilmu Pendidikan


Type:Other
Depositing User:Admin Universitas
Date Deposited:04 February 2021
Last Modified:04 February 2021
URI:https://repository.ummetro.ac.id/view/2695