PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBANTU FLIPBOOK PADA MATA KULIAH STATISTIK

Nurul Farida1*, Triani Ratnawuri2 (2021) Pengembangan E-modul Interaktif Berbantu Flipbook Pada Mata Kuliah Statistik, Universitas Muhammadiyah Metro


TEXT
fulteks.pdf
Download

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan  e-modul interaktif berbantu Flipbook pada mata kuliah statistik yang valid, (2) mengetahui kepraktisan e-modul interaktif berbantu Flipbook pada mata kuliah statistik bagi mahasiswa. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D) Subyek penelitian adalah mahasiswa pendidikan ekonomi yang mengambil mata kuliah statistik sebanyak 10 mahasiswa. Langkah-langkah pengembangan dalam penelitian ini yaitu menggunakan ADDIE  yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi ahli dan lembar angket respon mahasiswa. Angket validasi ahli digunakan untuk menilai kevalidan e-modul interaktif berbantu flipbook dan angket respon mahasiswa untuk menilai kepraktisan e-modul interaktif berbantu Flipbook. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) e-modul interaktif berbantu flipbook pada mata kuliah statistik yang dikembangkan telah memenuhi krteria valid. Berdasarkan hasil penilaian ahli materi dan ahli media diperolah rata-rata nilai validasi ahli sebesar 78,25 % dalam kategori layak, (2) ) e-modul interaktif berbantu flipbook yang  dikembangkan memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata persentase mencapai 79,64%.

 

Kata Kunci: e-modul, flipbook, pengembangan

REFERENSI

Abidin, Z., & Walida, S. El. (2017). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Case (Creative , Active , Systematic, Effective) Sebagai Alternatif, Media Pembelajaran Geometri Transformasi Untuk Mendukung Kemandirian Belajar Dan Kompetensi Mahasiswa. Seminar Nasional Matematika Dan Aplikasinya, 1(1), 197–202. Retrieved from http://matematika.fst.unair.ac.id/wp-content/uploads/2019/03/29-Zainal-Abidin__Pendidikan_.pdf

Arifitama, B. (2018). Bahan Ajar Flipbook online mata kuliah PTI Online Flipbook Teaching Materials on PTI with Augmented Reality Approach. Jurnal Teknodik, 22(1), 1–10.

Fadilah, B.N., Ahmad, J., & Farida, N. (2021). Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika. Pengembangan E-Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Geometri Transformasi Dengan Berbantuan Flipbook Maker, 9(1), 1–11.

Branch, R. M. (2009). Intructional Design: The ADDIE Approach.

Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 433–441.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Isharyadi, R., & Ario, M. (2019). Praktikalitas dan Efektivitas Modul Geometri Transformasi Berbantuan Geogebra bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Absis?: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(2), 86–93. https://doi.org/10.30606/absis.v1i2.93

Mulyadi, D., Wahyuni, S., & Handayani, R. (2016). Pengembangan Media Flash Flipbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Di Smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 296-301–301.

Muriati, S. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Sel pada Program Studi Pendidikan Biologi. Jurnal Vlorea, 1(2), 14–20.

Nursafitri, U. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book Dengan Menggunakan Aplikasi Flipbook Creator Pada Materi Pembelajaran Sel Di Kelas XI/MIA.

R. Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01

Satriawati, H. (2015). Pengembangan E-Modul Interaktif Sebagai Sumber Belajar Elektronika Dasar Kelas X SMKN 3 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 101–116. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860


Type:Other
Depositing User:Admin Universitas
Date Deposited:17 August 2021
Last Modified:17 August 2021
URI:https://repository.ummetro.ac.id/view/3272