PENGENALAN LITERASI KEUANGAN DI SMA/K DRIEWANTI BEKASI

Adhis Darussalam Pamungkas1, Siti Alifah2, Sigit Widiyarto3, Lidya Natalia Sartono4, Maria Cleopatra5 (2021) Pengenalan Literasi Keuangan Di Sma/k Driewanti Bekasi , Universitas Muhammadiyah Metro


TEXT
fulteks.pdf
Download

ABSTRAK

Tujuan pengabdian kepada masyarakat (PKM) adalah memberikan keterampilan literasi keuangan para peserta, dan mengetahui kemampuan literasi para siswa serta dapat meningkatkan pemahaman literasi siswa melalui pemberian materi oleh kelompok PKM. Materi yang disampaikan adalah tentang pengetahuan matematis, sifat dan dasar bentuk uang, kompetensi keuangan, risiko produk jasa keuangan, tanggung jawab keuangan. Materi tersebut penting bagi peserta, karena menurut data sekolah 82% siswa belum mengenal literasi keuangan.  Para peserta merupakan beberapa pelajar SMA/K Driewanti, alamat SMA/K Driewanti berada di jalan Kampung Bulak, Nomor 43, Pekayon Jaya, Kota Bekasi. Namun, karena masih dalam suasana pandemi covid-19 dan pihak sekolah belum memulai pembelajaran tatap muka, maka pemberian wawasan dan penilaian wawasan dilaksanakan dengan cara daring melalui aplikasi Zoom meeting. Peserta yang bersedia mengikuti kegiatan PKM berjumlah 30. Metode pelaksanaan menggunakan analisis deskriptif dan untuk mencari tahu  wawasan tentang literasi keuangan.. Hasil dari kegiatan PKM adalah pada katagori general personal finance knowledge menduduki nilai yang tertinggi sebesar 72, saving and borrowing 63, Invesment sebesar 54  dan asuransi sebesar 55.

 

Kata kunci : PKM, Literasi Keuangan, Pelajar, SMA

REFERENSI

Alifah, S., & Pamungkas, A. D. (2020). Pengenalan Literasi Keuangan Pada Yayasan Tahfidzul Qur’an Ar-Rahmani. Community Development Journal: Universitas Pahlawan, 1(2), 64-69.

Chen, H and Volpe, R. P.. 1998. An Analysis of Peronal Financial Literacy among College Students. Financial services review. Hal. 107-128

Hapsari, S., & Heryani, R.D. (2020). Metodologi Penelitian. Jakarta: Unindra Press.

Kanserina, Dias. (2015). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA 2015. Jurnal. Singaraja: Undiksha.

Kasmir. (2012). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Kusuma, D. R. (2014). Melek Keuangan Masyarakat Indonesia Masih di Bawah Singapura dan Malaysia. Jakarta.

Kompri. (2017). Belajar; Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi.

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2011). Financial Literacy Around The World: An Overview. Journal of Pension Economics and Finance,10 (4): 497–508

Muslim, M. (2021). PHK Pada Masa Pandemi Covid-19. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis. 23(3), 357 – 370.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

OECD. (2006). The Importance of Financial Education. (Online), (www.oecd.org/ publications/ Policybriefs) diakses pada 20 Februari 2020.

Rahayu., A. Y. & Musdholifah. (2017). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlangsungan UMKM Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen. 5(3).

Rapih, S. (2016). Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak: Mengapa dan Bagaimana?. Scholaria. 6(2), 14–28.

Rasyid, Rosyeni. (2012). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universtas Negeri Padang. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis. 1(12).

Saul, K. E. (1997). Money matters: Exploring money concepts with young children. Dimensions of Early Childhood, 25(2): 17-21.

Siregar, S. (2010). Statistika Deskriptif Untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryabrata, S. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Wijayanti, G. A. & Rahmawati, F. (2016). Pengaruh Jenis Kelamin, Ipk, dan Semester Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa Prodi S1 Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. Jurnal Pembangunan Ekonomi

Wilson, S. D. (2003). Factors influencing levels of credit-card debt in college students. Journal of Applied Social Psychology. 33, 935 – 947.

https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers//Pages/Siaran-Pers-Survei-OJK-2019-Indeks-Literasi-Dan-Inklusi-Keuangan-Meningkat.aspx diakses 18 Maret, Pukul 00:30 WIB


Type:Other
Depositing User:Admin Universitas
Date Deposited:17 August 2021
Last Modified:17 August 2021
URI:https://repository.ummetro.ac.id/view/3303