PEER REVIEW OPTIMALISASI PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN AI DI SMK MUHAMMADIYAH WAY SULAN
Dani Anggoro, Eva Rolia, Sri Ratnaning Rahayu, Arif Hidayat, Mujito (2024) Peer Review Optimalisasi Pembuatan Media Pembelajaran Dengan Ai Di Smk Muhammadiyah Way Sulan, Amirul Bangun Bangsa Publishing
![]() |
TEXT fulteks.pdf Download |
ABSTRAK
Teknologi yang terus berkembang menuntut guru untuk beradaptasi dengan perkembangan tersebut. Oleh karena itu, keterampilan dalam pembuatan media pembelajaran yang efisien dan efektif perlu diperbarui secara berkala agar tetap relevan dengan kemajuan teknologi. Kegiatan pelatihan di SMK Muhammadiyah Way Sulan bertujuan mengoptimalkan keterampilan guru melalui pembuatan media pembelajaran menggunakan Artificial Intelligence (AI). Melalui penerapan AI, diharapkan media pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa, meningkatkan pemahaman, dan retensi materi. Selain itu, otomatisasi dalam penyusunan media pembelajaran memungkinkan guru memiliki lebih banyak waktu untuk berkreativitas dan berinteraksi dalam proses pembelajaran. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri dari tiga tahap, yaitu persiapan dengan observasi dan penyiapan materi, pelaksanaan dengan penyampaian materi dan pelatihan AI, dan evaluasi keberhasilan kegiatan. Dengan adanya pelatihan ini, guru diberi kemampuan untuk beradaptasi dengan teknologi terkini, memungkinkan mereka untuk berinovasi dan berinteraksi dengan lebih efektif dan efisien dalam proses pembelajaran.
REFERENSI
Adillah, R. et al. (2023) ‘Analisis Media Belajar Digital di Generasi Alpha Era Society 5.0 Mendukung Kurikulum Merdeka’, Jurnal Generasi Ceria Indonesia, 1(2), pp. 84–88. doi: 10.47709/geci.v1i2.3177.
Hidayat, T. and Kosasih, A. (2019) ‘Analisis Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Pai Di Sekolah’, Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), pp. 45–69. doi: 10.52431/murobbi.v3i1.172.
Kuntari, S. (2023) ‘Pemanfaatan Media Digital dalam Pembelajaran’, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 2, pp. 90–94. doi: 10.47435/sentikjar.v2i0.1826.
Mumtaha, H. A. and Khoiri, H. A. (2019) ‘Analisis Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 Pada Perilaku Masyarakat Ekonomi (E-Commerce)’, JURNAL PILAR TEKNOLOGI : Jurnal Ilmiah Ilmu Ilmu Teknik, 4(2), pp. 55–60. doi: 10.33319/piltek.v4i2.39.
Mutaqin, F. M. et al. (2023) ‘Efektif Artificial Intelligence (AI) dalam Belajar dan Mengajar’, Jurnal Pendidikan : Seroja, 2(1), pp. 53–60.
Parwati, N. P. and Pramartha, I. N. B. (2021) ‘Strategi guru sejarah dalam menghadapi tantangan pendidikan indonesia di era society 5.0’, Widyadari: Jurnal Pendidikan, 22(1), pp. 143–158. doi: 10.5281/zenodo.4661256.
Subowo, E., Dhiyaulhaq, N. and Wahyu, I. (2022) ‘Pelatihan Artificial Intelligence untuk Tenaga Pendidik dan Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah (Online Thematic Academy Kominfo RI)’, Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 3(3), pp. 247–254. doi: 10.37295/jpdw.v3i3.296.
Wulandari, A. P. et al. (2023) ‘Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar’, Journal on Education, 5(2), pp. 3928–3936. doi: 10.31004/joe.v5i2.1074.
Zaini, H. and Dewi, K. (2017) ‘Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini’, Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), pp. 81–96. doi: 10.19109/ra.v1i1.1489.
Type | : | Other |
Depositing User | : | Admin Universitas |
Date Deposited | : | 12 May 2024 |
Last Modified | : | 12 May 2024 |
URI | : | https://repository.ummetro.ac.id/view/4476 |